Desa Tri Kembang adalah bagian dari Desa Sebagu Kecamatan Teluk Keramat. Pada pertengahan tahun 2000 Desa Sebagu Kecamatan Teluk Keramat dipimpin oleh seorang Kepala Desa yang bernama Juandi yang tinggal di Kembayat dengan masa jabatan 8 tahun ( 1995 s/d 2003 ) yang terdiri dari 5 Dusun dan 19 RT, dengan Struktur Pemerintahan Desa sebagai berikut:
a. Juandi sebagai Kepala Desa, yang bertempat tinggal di Kembayat
b. Basri Sebagai Sekdes, yang tinggal di Perigi Parit
c. Basuni sebagai Kaur Pemerintahan, yang tinggal di Perigi Parit
d. Rubiana sebagai Kaur Umum, yang tinggal di Sepudak
e. M. Asir sebagai Kaur Pembangunan, yang tinggal di Kembayat
Dan Kepala Dusun yaitu sebagai berikut;
a. Kibli sebagai Kepala Dusun Sepudak
b. Ramali sebagai Kepala Dusun Perigi Parit
c. Abdurahman sebagai Kepala Dusun Kembayat
d. Sinau sebagai Kepala Dusun Tamang Sagang
e. Gunawan sebagai Kepala Dusun Sagang

Dengan adanya pemekaran Kecamatan. Kecamatan Teluk Keramat dimekarkan dengan kecamatan yang baru yaitu Kecamatan Galing. Rencana Kecamatan yang baru ( Galing ) yang meliputi 10 desa, yaitu; Galing, Ratu Sepudak, Sungai Palah, Sagu, Tempapan Kuala, Tempapan Hulu, Tri Kembang, Sijang, Trigadu, Teluk Pandan. Dan sebagaian Desa Sebagu yaitu Dusun Kembayat, Tamang Sagang, Sagang.
Dengan rasa tulus dan Ikhlas Kepala Desa Sebagu ( Juandi ) dan tokoh-tokoh masyarakat melepas 3 Dusun untuk dimekarkan menjadi satu Desa baru. Melalui kerja keras mengajak totkoh-tokoh agama dan masyarakat untuk memberikan pendapat tentang pemekaran Kecamatan dan Desa, serta tapal batas desa dan Kecamatan, Desa induk Sebagu dan Kecamatan baru yaitu Galing. Setelah menempuh proses yang panjang dan tokoh-tokoh masyarakat yang hadir di rumah Kepala Desa Sebagu di Kembayat, yang dihadiri oleh:
– Juandi sebagai Kepala Desa
– Adriani sebagai PPN Sebagu
– Abdurahman sebagai Kepala Dusun Kembayat
– Gunawan sebagai Kepala Dusun Sagang
– Sinau sebagai Kepala Dusun Tamang Sagang
– Sinot Ketua RT Sagang
– Hemli sebagai tokoh masyarakat Kembayat
– Dampak sebagai Ketua Adat

Pada malam senin tanggal 23 Juli tahun 2000, dari hasil musyawarah terakhir tersebut dapatlah diperkirakan nama desa. Yang pertama diajukan nama desa Sari Medan, ternyata tidak didukung oleh dusun Sagang dan diganti lagi dengan nama Tri Kembang dan disetujui dengan pusat Pemerintahannya di Dusun Tamang Sagang yang oleh Kepala Dusun siap untuk lokasi Kantor Desa.
Pada hari Selasa tanggal 15 Mei tahun 2001 telah diresmikannya Kecamatan Galing menjadi Kecamatan yang baru, dan diresmikan oleh Bupati Sambas Bapak Tarya Arianto dan pelantikan Camat Galing Yaitu Bapak Arlizen, S. Sos sebagai Camat baru di Kecamatan Galing.
Untuk sementara 3 Dusun; Kembayat, Tamang Sagang, dan Sagang dititipkan ke Desa Ratu Sepudak, sambil menunggu SK Bupati tentang pemekaran Desa baru. Setelah beberapa bulan proses di Kecamatan dan Kabupaten akhirnya Camat Galing Erlizen, S. Sos memekarkan Desa Ratu Sepudak dan membentuk desa baru. Dari hasil kesepakatan awal dari desa Sebagu yaitu Desa Tri Kembang untuk Desa Definitif ditunjuklah Pejabat Kepala Desa Tri Kembang yaitu Bapak Asmadi. Sebagai pejabat Kepala Desa dituntut untuk membentuk perangkat-perangkat desa yaitu, terdiri dari:
1. Bapak H.Rabuni sebagai Kepala Desa
2. Bapak Krisyandi sebagai Sekretaris Desa
3. Bapak Sahdan sebagai Kasi Pemerintahan
4. Bapak Zulfikar sebagai Kasi Pelayanan
5. Bapak Deri zulfian sebagai Kasi kesejahteraan
6. Ibu Ekawati sebagai Kaur tata usaha dan Umum
7. Bapak Muslimin sebagai Kaur Perencanaan
8. Bapak Budiman sebagai bendahara
9. Bapak Darso sebagai Kepala Dusun Kembayat
10. Bapak Fitriadi sebagai Kepala Dusun Tamang Sagang
11. Bapak Pandi sebagai Kepala Dusun Sagang